Minggu, 27 Januari 2013

PERMAINAN ASLI DARI INDONESIA LHO !!!!

1. Petak umpet

Permainan ini dilakukan oleh lebih dari dua orang, semakin banyak orang yang berpatisipasi semakin seru permainan ini untuk dimainkan. Permainan ini dimulai dengan hompimpa untuk menentukan siapa orang yang harus menjaga benteng dan mencari yang lainnya. Setelah terpilih satu orang yang akan menjaga benteng, sisanya harus bersembunyi dan berusaha untuk mencapai benteng. Jika yang sembunyi lebih dahulu di temukan oleh yang menjaga benteng, mereka harus berlomba untuk mencapai benteng terlebih dahulu. Setelah semua yang bersembunyi sudah ketahuan, maka permainan akan diulang kembali.
2. Gasing

Permainan ini menggunakan kayu yang telah dibuat mengerucut di bawahnya dan tali yang telah disiapkan. Cara memainkannya adalah, dengan melilitkan tali ke ujung kerucut, kemudian di lemparkan kebawah agar gasing berputar, atau di lemparkan ke gasing lainnya agar gasing lainnya berhenti berputar. Gasing hanya di perbolehkan berputar dalam lingkaran yang telah di buat sebelumnya. Gasing siapa yang bertahan lebih lama ialah yang menang.
3. Egrang

Egrang terbuat dari bambu sepanjang 2.5 meter dengan pijakan kaki yang selebar 20cm. Kemudian cara memainkannya adalah dengan berjalan mengunakan egrang, siapa yang paling cepat sampai di garis finish adalah pemenangnya. Permainan ini tedapat di berbagai bagian di Indonesia.
4. KELERENG

Kelereng (atau dalam bahasa jawa disebut n├Ękeran) adalah mainan kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca, tanah liat, atau agate. Ukuran kelereng sangat bermacam-macam. Umumnya ½ inci (1.25 cm) dari ujung ke ujung. Kelereng dapat dimainkan sebagai permainan anak, dan kadang dikoleksi, untuk tujuan nostalgia dan warnanya yang estetik.
5. CONGKLAK

Congklak adalah suatu jenis permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan.
Di malaysia permainan ini juga lebih dikenal dengan nama congklak dan istilah ini juga dikenal di beberapa daerah di Sumatera dengan kebudayaan melayu. Di jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama dakon. Selain itu di lampung permainan ini lebih dikenal dengan nama dentuman lamban sedangkan di Sulawesi permainan ini lebih dikenal dengan nama mokaotan, maggaleceng, aggalacang dan nogarata. Dalam bahasa Inggris, permainan ini disebut mancala.
6. GALASIN

Galah asin atau galasin yang juga sibeut gobak sodor adalah sejenis permainan daerah asli dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 – 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segi empat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar